Ddody@ElJayDotCom (ddody) wrote in learntoheal,
  • Mood:

Relaksasi sederhana - Nafas Dalam

Pernah satu kali teman saya mengeluh kepalanya pusing. Lalu saya kasih sedikit tips untuk melegakan pusingnya itu. Setelah beberapa saat dia melakukannya alhamdulillah pusing di kepalanya itu lumayan mereda. Mungkin saat itu dia mengalami sedikit stress pada bagian kepalanya. Berikut ini kira-kira cara yang saya sampaikan pada dia.

Pertama, duduk tegak tapi tidak tegang, maksudnya duduk rileks tapi jangan sampai badan terbungkuk. Tangan dan seluruh badan diusahakan rileks tanpa ada tekanan yang berarti. Lalu tutup mata supaya pandangan tidak terganggu, ini tidak harus dilakukan kalau cukup bisa tenang tanpa harus menutup mata, misalnya kalau yang biasa sholatnya khusyuk tanpa mememejamkan mata sama sekali silakan saja. Tapi diusahakan terhindar dari cahaya yang menyilaukan. Usahakan pula mendapatkan tempat yang tenang dan tidak bising, serta udara yang cukup baik. Intinya supaya seluruh bagian tubuh bisa rileks.
Kemudian tarik nafas perlahan2, seperti saat tidur, dengan menggembungkan perut. Setelah terasa berat menarik nafas lebih dalam lagi, tahan nafas itu sekejap, lalu dihembuskan perlahan-lahan. Setelah terasa berat untuk mengeluarkan nafas lagi berikan jeda sejenak tanpa menarik atau mengeluarkan nafas, kemudian mulai menarik nafas lagi perlahan.
Lakukan beberapa kali senyamannya. Bisa 5 kali, 10 kali, 100 kali, 1 menit, 1 jam (*smile).
Pada tarikan pertama biasanya agak sulit membuat sirkulasi nafas yang lembut, biarkan saja dan jangan dipaksa untuk mendapatkan nafas yang lembut dan dalam. Bila telah terbiasa, lama-lama akan bisa melakukan dengan lembut, dalam dan efektif.
Sekali lagi, hindarkan ketegangan apapun. Usahakan pikiran tenang, perasaan tenang, karena itu sangat dianjurkan untuk melakukannya sambil berdzikir mengingat Yang Maha Kuasa. Mulakan dengan menyebut asma Nya dan akhiri dengan bersyukur pada Nya.
Bentuk pernapasan seperti ini bisa dikembangkan dengan cara tertentu untuk mengumpulkan dan melatih ki dengan lebih efektif dan lebih kuat.
  • Post a new comment

    Error

    default userpic
  • 1 comment